Cara Cepat Mendapatkan Fitur Istimewa AdSense (Matched Content Ads)

Ada banyak orang yang menjelaskan opini mereka mengenai fitur istimewa google adsense yaitu matched content ads (konten yang sesuai), sebenarnya berapa lama waktu yang diperlukan situs untuk mendapatkan matched content ads sejak di approve adsense dan berapa traffic organik yang harus dicapai situs web untuk mendapatkan widget matched content ads.
Pada dasarnya matched content ads didukung dengan kemampuan membaca struktur situs web dan kemampuan menelusuri semua konten di situs web, hal itu dijelaskan pihak google di webinar adsense, akan tetapi tak satu pun dari mereka mengatakan tentang masa review matched content ads, begitu juga tentang jumlah trafic situs web dengan spesifik.

Di halaman bantuan google dijelaskan bahwa jika situs belum layak, artinya volume trafik belum cukup, jika sudah layak berarti volume trafik sudah cukup. Artinya tidak ada jumlah trafik minimum maupun trafik maksimum.
Lalu bagaimana dengan jumlah konten yang unik, apakah itu menentukan kelayakan atau ketersediaan unit iklan yang sesuai? Ya, tentu saja semakin banyak halaman unik maka akan semakin banyak trafik dan peluang untuk mendapatkan iklan yang sesuai (Matched Content Ads).

Berdasarkan pengalaman saya di beberapa situs yang saya kelola tinggi rendahnya traffic tidak mempengaruhi kelayakan situs web untuk menggunakan widget matched content ads.

Yang ada hanyalah seberapa sering situs web anda memposting konten-konten baru, meskipun situs memiliki ribuan pageview sebelum dan sesudah di approve adsense tetap itu tidak dapat menjamin kelayakan situs web untuk mendapatkan matched content ads.

Jika kamu bertekad ingin mendapatkan widget matched content ads (iklan konten yang sesuai) yang perlu kamu lakukan adalah memposting konten setiap hari setidaknya selama 2 minggu, trik ini benar-benar berhasil dan telah teruji di beberapa situs yang saya kelola sendiri dan di situs-situs orang yang pernah saya tangani.

Melihat ketersediaan iklan matched content untuk situs web anda.

  1. Masuk ke dashboard adsense, kemudian
  2. Pilih tab Site (situs),
  3. Selanjutnya pilih tab Matched Content (konten yang sesuai).
Disana kamu dapat melihat dengan jelas apakah iklan matched content sudah tersedia untuk situs anda. Jika belum tersedia, ikuti tips-tips berikut untuk mendapatkan iklan matched content.

Tips untuk mempercepat kelayakan situs web mendapatkan widget matched content ads.
  1. Posting konten minimal 1 konten setiap hari selama 2 minggu.
  2. Kelompokkan konten website anda berdasarkan kategori yang tepat.
  3. Pastikan situs web tidak melarang crawler adsense dan AdsBot sejenis lainnya untuk merayapi semua halaman di situs web anda.
  4. Pasang ads.txt sesuai dengan petunjuk google.
  5. Gunakan breadcrumb untuk membantu pengelompokan konten situs (mapping content).
Karena matched content ads dirancang untuk mampu merayapi struktur situs web maka mapping content dengan tag label maupun breadcrumb menjadi sangat diperlukan dalam hal ini (mempercepat situs mendapatkan widget matched content ads).

Jika situs dan konten anda sudah terstruktur dengan sangat baik, anda tidak perlu melakukan pengoptimalan seperti itu lg (mapping content). Teruslah memposting konten baru setiap harinya selama kurang lebih 2 minggu. Dengan demikian itu akan sangat membantu mempercepat kelayakan situs web untuk mendapatkan/di dukung dengan widget matched content ads.

Keistimewaan Matched Content Ads

  1. Matched content ads membantu mempromosikan konten website anda dengan sangat baik.
  2. Matched content ads mampu menampilkan konten yang sesuai (relevan) dengan konten yang sedang dilihat pengguna.
  3. Mampu meningkatkan pageview hingga 9% dan menurunkan rasio pentalan (bounce rate) situs web.
  4. Mampu meningkatkan interaksi pengguna dan waktu yang di habiskan pengguna di situs web hingga 10%.
  5. Efektif meningkatkan penghasilan iklan adsense.
Dengan 5 keistimewaan widget matched content ads tersebut, tidak sedikit publisher yang tergila-gila memburu kelayakan situs web mereka agar segera support matched content ads.

Baca Juaga: Cara Memasang Iklan Matched Content Adsense

Tidak sedikit pula dari mereka yang terus mencari-cari cara agar dapat widget matched content ads dengan cepat, hal itu sebenarnya justru memperlambat kelayakan situs web anda untuk mendapatkan widget matched content ads karena anda akan disibukkan dengan pencarian anda sendiri dan lupa memposting konten.