Manfaat Dan Cara Penerapan Content Mapping Di Website

Apa yang dimaksud dengan mapping content website? Mapping content secara bahasa dapat diartikan dengan "Pemetaan Konten", Secara gamblang pemahaman tentang mapping content dapat didefinisikan sebagai perencanaan strategi untuk menentukan arah atau niche sebelum membuat website dan strategi penataan/penempatan konten berdasarkan kelompok (kategori), jenis dan isi konten itu sendiri dengan tepat agar selaras dengan website.
Content mapping disebut juga sebagai strategi pemasaran konten, Jika anda memetakan konten dengan benar, maka anda dapat menyajikan konten yang tepat, untuk orang yang tepat, pada waktu yang tepat.

Dalam skala besar mapping konten sebenarnya melibatkan banyak hal seperti waktu, pengenalan pasar dan sebagainya juga harus dipikirkan dengan matang. Tetapi disini saya hanya akan fokus ke pemetaan dan penataan konten saja.

Tujuan Dan Manfaat

Pada dasarnya content mapping bertujuan untuk membuat website dan konten menjadi selaras dan lebih terstruktur. Dengan demikian website akan menjadi lebih mudah dikenali oleh mesin telusur dan user friendly sehingga efek positif dari itu dapat meningkatkan view dan interaksi pengguna di situs web.

Manfaat lainnya dari penerapan content mapping yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs web.
  2. Meningkatkan interaksi pengguna (click view).
  3. Meningkatkan kualitas halaman di mesin pencari SEO.
  4. Membantu mesin telusur memahami isi website.
  5. Memudahkan pengguna untuk memahami situs web.
Tanpa kamu sadari sebenarnya strategi ini mungkin telah anda lakukan sebelumnya (content mapping). Akan tetapi apakah kamu yakin bahwa kamu telah melakukannya (content mapping) dengan benar? Untuk itu mari kita simak dengan baik penjelasan tentang bagaimana cara melakukan content mapping dengan baik dan benar.

Cara Melakukan Content Mapping Dengan Baik Dan Benar.

#Pertama - Pikirkan dengan matang judul website yang sesuai dengan konten yang akan anda muat.

Contoh:

Jika anda akan membuat website tentang SEO maka pastikan judul website yang akan dibuat mengandung kata kunci "SEO".

#Kedua - Gunakan kategori dengan istilah yang mampu menjelaskan halaman dan konten anda dengan spesifik.

#Ketiga - Masukkan / kelompokkan konten kedalam kategori yang tepat.

Contoh:

Kategori "Artikel" dan "Tutorial", Pada dasarnya semua konten website yang berisi teks disebut dengan artikel, tetapi dalam penerapan content mapping sebaiknya jangan memasukkan konten tutorial kedalam kategori artikel, begitu juga sebaliknya.

Coba perhatikan sejenak bagaimana situs web ini melakukan content mapping, saya tidak menambahkan artikel ini kedalam kategori tips maupun tutorial, karena ini adalah artikel penjelasan-penjelasan.

#Keempat - Jangan masukkan konten anda kedalam kategori yang terlalu banyak apa lagi kedalam kategori yang tidak seharusnya.

Mungkin kamu pernah melihat situs-situs web personal yang tidak ditangani dengan profesional, sehingga ketika di navigasi website yang hanya menampilkan konten yang itu-itu saja.

#Kelima - Jika situs memiliki banyak jenis produk/konten dan terpaksa harus memasukkannya kedalam kategori dan sub_kategori, pastikan anda melakukannya dengan benar.

Tampilan Fisik Content Mapping

Pada akhirnya content mapping akan mengarahkan anda ke tampilan fisik yang nyata agar pengunjung situs dapat berinteraksi di situs web anda, dari sebagian besar wacana di atas akan sia-sia jika kamu tidak menampilkan nya ke tampilan fisik.

Lalu apa saja fitur yang dapat mewujudkan content mapping ke tampilan fisik.
  • Menu Navigasi
  • Tag Label (Category)
  • Artikel Terkait / Produk Terkait
  • Breadcrumb
Pastikan semua elemen interaktif di atas mampu mengarahkan pengunjung website anda ke tujuan mereka dengan tepat. Seperti yang anda lihat pada contoh gambar dibawah ini.
Maksudnya ketika pengunjung situs web anda membuka halaman tetang schema maka rekomendasikan konten-konten schema yang benar-benar dapat membantu pengunjung anda. Hal itu hanya bisa dicapai dengan metode content mapping yang baik dan benar serta dukungan thema website yang mampu mewujudkan strategi mapping konten yang anda lakukan ke tampilan fisik.

Quote: Setiap pengunjung yang datang ke situs web anda membawa misi atau tujuan atau hal-hal yang ingin mereka ingin tahu, jadi jangan sia-siakan kesempatan itu, rekomendasikan dengan tepat semua hal yang berkenaan erat dengan yang mereka cari atau butuhkan.

Baca Juga: Penentuan Langkah Awal Dan Strategi Membangun Situs Blog

Demikian saja penjelasan saya tentang content mapping di website dan cara penerapannya, semoga ini menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat di dunia blogging yang menyenangkan ini.