Google Sites: Cara Membuat Menu Navigasi Website

Cara Membuat Menu Navigasi Website Via Google Sites - Tutorial kali ini adalah tentang cara membuat menu navigasi pada situs web / website kusus yang menggunakan platform google sites. Pada tutorial sebelumnya saya telah menjelaskan cara membuat website gratis dari google sites maka sekarang kita membuat menu navigasi website dan dropdown menu agar situs web semakin terlihat lebih keren dan propesional tentunya.

Berbeda dengan blogger, membuat navigasi situs web di google sites tidak memerlukan coding "html dan css" apapun karena google sites telah dirancang dengan sangat sederhana secara penggunaan (cara menggunakan) google sites layaknya aplikasi pembuat situs web sehingga meski kamu tidak pandai codding kamu tetap bisa membuat website propesional + keren di google sites.

View Demo

Sebelumnya perlu diketahui situs web dari google sites yang telah dipublikasikan otomatis akan disimpan di google drive, maka untuk mengedit ulang situs silahkan masuk ke google drive kamu dan double klick situs untuk membuka dashboard situs google sites anda seperti contoh berikut ini.
Google Sites: Membuat Menu Navigasi Website Gambar 2
Login ke google drive dan double click untuk membuka dashboard situs google sites
Langsung saja kita mulai tutorial cara membuat membuat menu navigasi dan dropdown menu website di google sites, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
  1. Login ke google drive dan double click situs untuk membuka dashboard situs google sites seperti yang telah di jelaskan diatas.
  2. Kemudian pilih tab halaman pada dashboard google sites untuk membuat menu navigasi situs,
  3. Klik "Tambahkan halaman baru / add new page"  lihat contoh gambar dibawah ini.
Cara membuat menu navigasi website di google sites
Cara membuat menu navigasi website di google sites
Keterangan:
  • Gambar diatas menunjukkan cara membuat menu "Beranda" atau laman home situs via google sites.
  • Selanjutnya ulangi langkah tersebut untuk membuat beberapa menu lagi sesuai keinginan anda misal; "Product, Contact Us, About Us, Tech News, Tutorials dll, seperti contoh berikut.
Cara membuat menu navigasi website di google sites
Cara membuat menu navigasi website di google sites 

Menambahkan Dropdown menu / Sub Menu

Jika kamu merasa masih ada lagi menu yang penting untuk di tambahkan maka kita masih bias membuat dropdown menu atau sub menu  pada menu utama yang sudah dibuat kecuali pada menu/laman beranda. Simak cara menambahkan dropdown menu atau sub menu situs web google sites.
  1. Masih pada tab "halaman" pilih salah satu menu utama yang ingin ditambahkan sub menu,
  2. Klik symbol titik 3 vertical ( ⋮ ) yang terdapat di samping menu edit, kemudian
  3. Pilih "Tambahkan Submenu" untuk membuat dropdown menu.
Lihat contoh berikut
Google Sites: Cara dropdown menu website
Google Sites: Cara dropdown menu website

Terakhir klik tombol "Publikasikan" pada menu bar atas dashboard google site dan lihat hasil nya pada tampilan asli situs web anda.

Setelah membuat menu navigasi situs web google sites, tutorial selanjutnya akan membahas cara membuat content website di google sites. Demikian cara membuat menu navigasi wesite di google sites, jangan sungkan untuk memberikan pertanyaan seputar menu navigasi google sites atau sekedar berkomentar, kritik dan saran. Jangan lupa untuk Like & Share jika ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua...! Good luck and see you again, follow me.