Mengenal Google Sites Lebih Dalam (Platform Web Creator)

Mengenal Google Sites Lebih Dalam (Platform Web Creator) - Google sites adalah platform web creator yang di sediakan google untuk pengguna nya secara gratis. Google menjadikan google drive sebagai file hosting situs web yang dibuat melaui platform google sites. Sebelum google sites populer platform ini sebelumnya adalah lebih di kenal dengan sebutan jotSpot yang kemudian pada tahun 2006 tepat nya di bulan Oktober jotSpot di-akuisisi oleh google untuk menggantikan Google Page Creator.

Sekarang "2018 ini" Google telah mengembangkan tekhnologi pada platform web creator nya tersebut "Google Sites" menjadi lebih propesional dengan fitur "in new site" dan metode penggunaan yang sangat mudah dalam membuat website layaknya menyusun sebuah puzzle.
Apakah manfaat dan kegunaan Google sites? Fungsi utama Google sites adalah sebagai wadah membuat situs web untuk usaha civil (kecil dan menengah) agar masing-masing mereka memiliki website. Tujuaannya adalah agar setiap perusahaan dapat dengan mudah mengembangkan bisnis dan  membuat promosi produk mereka melalui website.

Platform Pendukung Google Sites

Seperti yang telah di jelaskan diatas google menjadikan google drive sebagai file hosting situs web yang di buat melalui platform google sites sehingga sangat memungkinkan bagi pengguna untuk melampirkan semua file dan fitur yang ada pada google drive seperti;
  1. Google Docs (document)
  2. Goole form (Formulir)
  3. Google Spreadsheet
  4. Google Calendar, dan support
  5. YouTube dan Picasa
Dengan demikian pengguna akan lebih leluasa dalam mempromosikan produk/bisnis mereka melaui video, gambar, slide image, alamat via google map dalam satu halaman web saja. Tentunya hal tersebut akan meminimalisir atau mengurangi biaya promosi produk/bisnis anda bukan! Dibawah ini adalah beberapa contoh desain website untuk usaha civil yang dapat kamu jadikan reference sebelum membuat website bisnis/usaha anda.
  • Contoh Website Perusahaan Jasa [Lihat Detail]
  • Contoh Website Personal [Lihat Detail]
  • Contoh Website Restaurant/Caffe, dan
  • Contoh Website Boutique / Toko
Alamat Situs (url) & Crawl Index Website Google Sites

Jika pada umumnya alamat situs/url atau domain sebuah website adalah www.namabisnis.com maka sedikit berbeda dengan url website via google sites namun untuk masalah parayapan (crawl atau index) kamu tidak perlu khawatir karena website yang di buat dari google sites dapat di rayapi (di index) oleh google dengan sangat baik. Contoh url website via google sites:
  • https://sites.google.com/view/nama-usaha/beranda (Home New Site)
  • https://sites.google.com/site/nama-usaha/beranda (Home Classic Sites)
  • https://sites.google.com/view atau site/product atau about, contact, gallery dll (Page url)
Nah, dari penjelasan dan contoh diatas saya fikir kamu sudah tidak sabar untuk memulai membuat website bisnis atau usaha anda dari google sites, siapa saja bisa membuat website tanpa coding jquery, html dan css menggunakan google sites.

Lihat Juga: Tutorial membuat blog di blogger.com

Demikian penjelasan tentang google sites "Mengenal google sites lebih dekat" ikuti terus situs ini untuk mendapatkan informasi/artikel terbaru mengenai google sites dan trik-trik penggunaan-nya yang akan admin ulas lebih dalam di waktu yang akan datang. Sampai jumpa kembali dan sukses selalu.