Cara Buat Website di Google Sites (Gratis)

Cara Buat Website di Google Sites (Gratis) - Google menyediakan platform khusus untuk membuat situs web secara gratis yaitu google sites. Google sites dirancang lebih mudah dalam penggunaan nya dan menjadikan g-drive sebagai web hosting / file hosting situs website yang di buat dari google sites.

Pengalaman yang baru akan anda rasakan ketika membuat situs web (website) di google sites karena google sites akan membuat anda merasakan sensasi punya hosting sendiri (seperti membuat website dengan self hosting).

Dan, tutorial ini akan membantu anda dalam membuat situs web gratis di google sites secara detail/komplit, meskipun sebenarnya saya meyakini siapa saja bisa membuat website sendiri dengan mudah menggunakan platform google sites ini. Mari kita simak panduan cara buat website gratis dari google sites berikut ini.

Cara Membuat Website Di Google Sites

  1. Pertama kunjungi link https://sites.google.com/, kemudian
  2. Login / masuk menggunakan akun google (G-mail)
  3. Klick "Buat / Create" dan pilih "In new sites" untuk membuat situs web
Lihat contoh gambar berikut ini.

Langkah Selanjutnya Membuat Website Dari Google Sites

Setelah melewati langkah diatas, kamu akan diarahkan ke dashboard google sites (laman untuk membuat situs), ikuti panduan lengkap nya dibawah ini.
  1. Buat "Nama Situs Web" dan tambahkan logo jika diperlukan
  2. Ganti gambar spanduk header situs atau lewati langkah ini (spanduk / barner header dapat di setting belakangan).
Lihat contoh berikut ini
Cara Membuat Website di Google Sites - gambar 2
Cara Membuat Website di Google Sites - gambar 2
Kemudian klik "Publikasikan" pada menu bar atas dashboard google sites dan buat "url situs (alamat situs)" tanpa spasi dan menggunakan huruf kecil semua seperti terlihat pada gambar berikut.
Cara Membuat Website di Google Sites - gambar 2
Cara Membuat Website di Google Sites - gambar 2

Keterangan:
  • Jika url situs tersedia maka akan terlihat tanda "Benar / centang" di samping nya, itu menunjukkan bahwa url (alamat situs) dapat digunakan.
  • Setelan Penelusuran - Jangan di centang atau biarkan kotak centang kosong agar situs dapat di telusuri oleh mesin penlusur (Bisa dilihat / ditemukan dilaman pencarian google)
  • Selanjut nya klik "Publikasikan" untuk membuat situs.
Pada tahap ini situs web sudah selesai di buat namun masih berbentuk laman kosong dan hanya terlihat logo, nama situs dan barner situs saja. Agar situs web benar-benar rampung saya telah menyediakan tutorial buat website gratis dari google sites tahap selanjut-nya yakni;
  1. Membuat Menu Navigasi
  2. Membuat Konten situs "text ,video, slide, document dan map"
  3. Membuat Footer situs web

Kelebihan Membuat Website via Google Sites

Ketika hendak membuat situs web sudah seharus nya kita mengenal keutamaan atau kelebihan palfom / hosting yang akan kita gunakan seperti Google Sites misalnya, kelebihan membuat website dari google sites adalah; platform google sites merupakan produk google sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai masalah peng-index-an situs yang dibuat dari google sites, seperti g-plus dan youtube contohnya. post yang diterbitkan pada sosial media g-plus dan youtube lebih cepat ter index oleh penelusur google dibandingkan platform lainnya, selain itu masih ada beberapa kelebihan lagi dari google sites.
  1. Gratis (membuat website di google sites tidak dipungut biaya apapun alias free)
  2. Mudah digunakan (siapa saja bisa membuat situs web dari google sites)
  3. Tampilan situs / Theme google sites sangat propesional, modern dan elegant
  4. Support add file (gambar, video, slide, upload document) dari banyak jenis platform google "G-drive, youtube, google doc, google photo dll".
Nah, demikian penjelasan saya dan tutorial cara buat website gratis di google sites, ikuti terus perkembangan situs kami dengan cara mem follow situs melalui e-mail anda dan dapatkan pemberitahuan mengenai cara-cara membuat website geratis dari google sites dan blogger. Semoga ini bermanfaat dan menambah pengalaman serta pengalaman kita tentang situs web / website dan cara membuat nya, Good luck for you.