Adsense | Cara Mempercepat Review Add Site

Google Adsense melakukan banyak perubahan pada platform periklanan digital mereka termsuk salah satunya pada bagian "Add Site" telah berlaku sistem review. Sebenarnya untuk melewati review ketika menambahkan situs baru di akun AdSense tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama, biasanya hanya memakan waktu selama 2 hari dan paling lama 2 minggu.
Bahkan jika situs web yang ditambahkan menggunakan top level domain (tld) bisa direview dengan sangat cepat di bawah 2 hari meskipun status alexa rank situs web masih n/a.

Lalu apa yang membuat proses review add site menjadi lebih lama bahkan lebih dari waktu yang ditentukan oleh Google AdSense? Untuk itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

Hal-hal yang membuat proses review add site menjadi lebih lama.
  1. Bundle script adSense tidak terpasang dengan benar.
  2. Terlalu banyak situs yang ditambahkan di fitur add site Google AdSense.
  3. Kesalahan robots.txt sehingga crawler google tidak dapat mengakses situs.
Diluar dari 3 kesalahan di atas sangat kecil kemungkinan situs domain tld melewati masa review dengan sangat lama apalagi sampai tidak lolos review.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut terjadi (masa review add site menjadi sangat lama), ikuti panduan mempercepat masa review add site berikut ini:

1. Pastikan bundle javascript google adsense terpasang dengan benar, yakni berada diantara tag <head> pembukaan dan tag </head> penutup. Jangan letakkan bundle js adsense di tag body selama masa review.

2 . Utamakan situs prioritas Jika situs yang ditambahkan ke akun AdSense terlalu banyak, silakan hapus situs-situs yang belum di acc tersebut dari akun AdSense dan hanya tambahkan situs utama yang harus didahulukan.

Crawler google adsense biasanya merayapi situs anda berdasarkan yang terdahulu di tambahkan untuk di review, jika sebelumnya kamu telah menambahkan situs-situs yang berada di sub domain blogspot semua negara seperti blogspot.my, blogspot.sg, us dan sebagainya, kemudian belum diterima sebaiknya hapus saja supaya crawler AdSense memprioritaskan situs TLD yang terakhir di tambahkan.
Under Review Adsense
Kasus ini biasanya terjadi pada akun-akun AdSense lawas yang didaftarkan melalui blog-blog yang masih berada di sub domain blogspot.

3. Uji Robots.txt situs web di search console untuk memastikan situs dapat di akses oleh semua bot atau crawler google. Jika terdapat pemblokiran atau pembatasan perayapan terhadap crawler-crawler penting google segera perbaiki robots.txt anda.

Tips Lainnya
  1. Pastikan anda telah menggunakan/meng-upload ads.txt ke situs web anda.
  2. Pastikan situs yang di tambahkan "add site" memiliki pengunjung meskipun sedikit, karena google tidak dapat menerima situs yang tidak ada kunjungan ke situs tersebut.
Baca Juga: Cara Meringankan Loading Iklan Adsense
Masa review add site di akun google adsense pada dasarnya tidak lama, tekhnologi crawler google adsense mampu mengunjungi banyak situs berbeda dengan akun yang berbeda pula. Yang membuat proses atau masa review add site menjadi lebih lama adalah kesalahan-kesalahan publisher itu sendiri.

Tetap terhubung dengan kontenweb.com untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru tentang AdSense dan trik-trik blogging lainnya yang mungkin belum kamu tahu.