Cara Menghapus Dan Memindahkan Widget Yang Terkunci

Cara Menghapus Dan Memindahkan Widget Yang Terkunci - Pada beberapa desain template blogger sebagian widget sengaja di kunci agar tidak bisa dipindahkan maupun di hapus, hal tersebut karena sang desainer ingin menjadikan widget tersebut pada tata letak yang tetap agar keindahan desain-nya tidak hilang karena hal-hal yang tidak disengaja.

Namun dalam beberapa kasus widget blogger justru terkunci sendiri dan menyebabkan tata letak yang tidak bagus untuk dilihat, kasus seperti ini biasanya terjadi pada saat meng-upload atau mengganti template.

Untuk menghindari widget terkunci sebaiknya ikuti teknik yang benar menggati template blogger pada laman ini [Open This Page]

Dan, bagi yang sudah terlanjur mengganti template kemudian beberapa widget terkunci sendiri dan tidak bisa dipindahkan maka ikuti tutorial ini, disini saya akan membagikan solusi untuk menghapus widget dan memindahkan widget yang terkunci (locked='true'), jika dipahami dengan benar dari tutorial ini kamu juga akan mengerti cara mengunci widget agar tidak bisa dihapus ataupun di pindahkan. mari kita simak gambar berikut ini;
Pada gambar diatas saya contohkan tata letak 2 widget yang berbeda yaitu widget image dengan status terkunci (locked='true') dan widget follow dengan status tidak terkunci (locked='false').
  • Jika dalam html widget di sertakan kode locked='true' maka widget tidak bisa dipindahkan atau pun di hapus
  • Dan sebalik-nya jika pada html widget diterapkan kode locked='false' maka widget bisa dipindahkan dan di hapus dari tata letak blogger.
Jadi solusi untuk menghapus widget blogger yang terkunci adalah dengan cara mengganti kode locked='true' dengan kode locked='false' pada html widget atau template. Ikuti langkah-langkah menghapus widget blogger yang terkunci di bawah ini;
  1. Login ke Blogger > Template > Edit HTML
  2. Pilih Lompati ke widget (pilih widget yang akan di hapus)
  3. Kemudian ganti kode locked='true' menjadi false
Silahkan lihat contoh kode html dan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya;

Locked widget
[code type="HTML"]<b:widget id='Image852' locked='true' mobile='yes' title='Background Image (Bottom)' type='Image' version='1'>[/code]
Unlock the widget
[code type="HTML"]<b:widget id='Image852' locked='false' mobile='yes' title='Background Image (Bottom)' type='Image' version='1'>[/code]
Cara Menghapus Dan Memindahkan Widget Terkunci
Cara Menghapus Dan Memindahkan Widget Terkunci
Setelah mengganti kode locked='true' menjadi locked='false' silahkan save template blogger anda kemudian pergi ke tata letak untuk menghapus widget atau sekedar memindahkan-nya. Klik edit pada widget disana akan terlihat tombol hapus widget.

Bonus pengetahuan; kode mobile='yes' seperti terlihat pada gambar adalah kode untuk menampilkan widget blogger di perangkat mobile (handphone), kebalikan dari kode mobile='yes' adalaha mobile='no' yaitu perintah html untuk tidak menampilkan element atau widget di perangkat mobile.

Demikian saja cara "Cara menghapus dan memindahkan widget blogger yang terkunci", jika terdapat banyak widget yang terkunci lakukan langkah diatas pada widget yang akan di hapus satu per satu.

Begitu juga jika kamu ingin mengunci widget tertentu agar tidak bisa dipindahkan. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar bawah, semoga berhasil dan sukses buat kamu, see you again.