2 Cara Mengganti Template Blogger Yang Baik dan Benar

Cara Mengganti Template Blogger - Berikut ini adalah 2 metode atau cara yang benar untuk mengganti template blogger atau theme xml situs blog dengan baik dan benar agar (rapi dan cepat). Meskipun tutorial mengganti template blogspot sudah dijelaskan oleh google, Sebagian blogger pemula mungkin masih bingung cara mengganti template blogger dan mungkin juga tidak sedikit yang mengalami masalah seperti bentuk template berubah menjadi tidak rapi, letak widget sangat berantakan dan lain-lain.

Sesuai dengan judul, maka tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara mengganti template blogger yang baik dan benar untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti yang sudah dijelaskan.

Via Upload Template

Mengganti template blogger dengan metode upload template memang sudah benar namun masih kurang baik karena widget yang dipasang sebelumnya, biasanya akan tertinggal dan menyatu pada template blog yang baru di upload dan menyebabkan tampilan template menjadi berantakan atau tidak sesuai dengan demo asli nya, sehingga dibutuhkan waktu dan skill codding untuk merapikan nya kembali. Blogger pemula biasa nya menggati template blog mereka dengan metode ini.

Ganti Template Blog Via Upload

  1. Login ke Blogger > Template
  2. Back-up/Pulihkan template
  3. Pilih file template xml yang sudah kamu sediakan
  4. Klick upload untuk menerapkan template yang baru
Lihat contoh gambar dibawah ini;
Cara mengganti template blogger via metode upload
Cara mengganti template blogger via metode upload
Metode mengganti template seperti diatas (via upload) memang sudah benar, namun cara ini memiliki kekurangan yaitu; kode widget pada template sebelum-nya tidak terbuang maksimal dan akan bercampur dengan template yang baru di upload dengan tata letak yang tidak bisa di prediksi. Agar proses pergantian template berjalan mulus tanpa gangguan apapun sebaik-nya ikuti metode yang kedua yang lebih efektif untuk mengganti template blog anda.

Metode Copy & Paste kode Template

Mengganti template blogger dengan metode copy & paste kode template merupakan metode yang baik dan benar, dan tidak menyebabkan perubahan acak pada template, simak langkah-langkah mengganti template blogger berikut ini;
  1. Pilih dan Dowload template blogger yang kamu inginkan.
  2. Extract file zip untuk membuka folder template
  3. Pilih file xml (template blogger), kemudian
  4. Klik kanan pada template dan pilih open with notepad dan copy semua kode template
  5. Login ke blogger > Template > Pilih Edit Html
  6. Select all dan hapus semua kode template yang lama, dan
  7. Paste kan kode template yang baru.
  8. Terakhir save template dan lihat hasilnya.
Mengganti template blogger via copy paste kode
Mengganti template blogger via copy paste kode
Jika metode diatas diterapkan dengan benar maka template blogger yang baru akan terganti dengan sempurna dan rapi, sesuai dengan demo template aslinya.

Yang harus dilakukan setelah mengganti template

Setelah mengganti template blog, ada hal-hal penting yang tidak boleh ditinggalkan karena ini menyangkut keberadaan situs blog anda di serp (search engine result page). Yang harus anda lakukan setelah mengganti template adalah;
  • Memasang kembali kode google analytics,
  • Memasang kode verifikasi webmaster tool (search console),
  • Memasang atau menata widget dan menu situs blog, lalu
  • Memasang kembali kode iklan jika situs sudah dimonetize sebelumnya.
Pada langkah ini sebaik nya kamu mem-back-up semua kode penting yang sudah di install di dalam template sebelumnya seperti kode google analytics, kode verifikasi webmaster dan kode iklan, tujuannya agar kamu tidak bolak-balik dan proses pergantian template menjadi lebih cepat.

Nah, demikian penjelasan tentang cara mengganti template blogger dengan baik dan benar, semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyelesaikan pergantian template (mengganti template) situs blog anda.

Jangan lupa Follow situs ini melalui email untuk mendapatkan trik-trik blogging terbaru lainnya, silahkan lihat beranda situs untuk mem-follow. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga sukses.