Cara Mengaitkan Blog Ke Google Analytics

Cara Mengaitkan Blog Ke Google Analytics - Sebelum mengaitkan Google Analytics ke situs web / blogger saya fikir ada baik-nya jika pahami dulu fungsi dan manfaat Google Analytics terhadap situs.

Sebagian orang mengira bahwa Google Analytics dapat mempengaruhi (menambah) kualitas SEO situs web mereka, sebenarnya itu keliru karena secara garis besar fungsi Google Analytics adalah untuk mengumpulkan data user (pengunjung situs) dengan spesifik kemudian memberitahukan-nya kepada pengembang bagaimana situs web mereka ditemukan oleh user.

Sehingga melalui hasil analisa (data analisa) yang ditampilkan oleh Google Analytics tersebut pengembang situs dapat memutuskan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk kemajuan situs web mereka.

Data web apa saja yang dapat kita lihat melalui Google Analytics?
  1. Google Analytics menampilka query (keyword) yang diketikkan oleh user untuk mengakses situs
  2. Google Analytics menampilkan live data "jumlah pengunjung" yang sedang aktif di situs web
  3. Google Analytics dapat memperlihatkan haman situs web atau konten apa saja yang dilihat oleh user di situs anda.
  4. Google Analytics menampilkan sumber (lokasi) keberadaan user/pengunjung ketika mengakses situs melaui IP yang digunakan oleh user tersebut.
  5. Google Analytics menampilkan cara user menemukan situs (sumber traffict organik atau non-organik) dan perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses situs.
Jika dijelaskan dengan lebih spesifik lagi Google Analytics mampu menghitung durasi hingga seberapa banyak user yang mengakses 1 konten di situs web anda. Dari semua data tersebut kita dapat menyimpulkan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan situs yang kita kelola.

Langkah-langkah Mengaitkan Blog Dengan Google Analytics

Kunjungi situs https://analytics.google.com (Jika belum pernah mendaftar ke Google Analytics biasanya kamu akan langsung di arahkan ke laman Sing-Up) Tekan tombol Sing-Up untuk mulai mendaftar, kemudian

Isi Formulir Google Analytics seperti contoh gambar yang ditampilkan dibawah ini;

Keterangan:
  1. Jika yang akan dikaitkan ke google Google Analytics adalah Blog atau web maka pilih tab Website
  2. Buat nama akun Google Analytics (Boleh Sembarang)
  3. Isi nama situs sesuai dengan nama blog anda
  4. Pilih https atau http, jika situs web mengunakan https maka pilih mode https dan tambahkan URL Blog lengkap dengan https
  5. Pilih kategori situs, jika kategori situs blog tidak ada pada daftar silahkan pilih Other
  6. Pilih waktu laporan berdasarkan negara tempat tinggal anda.
Selanjutnya gurir kebawah dan pada bagian Data Sharing Settings centang semua chechbox yang direkomendasikan kemudian tekan tombol Get Tracking ID untuk mengambil ID Analytics Blog anda.

Sebelum kamu diarahkan ke kode analytics kamu akan dihadapkan terlebih dahulu dengan laman persetujuan kebijakan Google Analytics, Centang chechbox persetujuan dan tekan tombol I Accept.

Kemudian Copy ID Analytics Blog anda Example: UA-127212220-1 Untuk dipasangkan ke situs blog. Lihat contoh di bawah ini.
ID Analytics Blog
ID Analytics Blog

Memasang ID Analytics Ke Situs Blog

  1. Login ke situs blog anda, kinjungi https://www.blogger.com
  2. Pergi ke Settings atau Setelan/Pengaturan
  3. Pilih Other / Lainnya
Selanjutnya Gulir kebawah dan pada kolom Analytics Web Properti ID, Ketik atau Pastekan ID Analytics Blog anda kemudian Save Settings untuk mengakhiri langkah "Mengaitkan Google Analytics Ke Situs Blog". Silahkan lihat contoh gambar dibawah ini;
Memasang ID Analytics Ke Situs Blog
Memasang ID Analytics Ke Situs Blog
Selesai, Untuk memulai melihat data situs blog silahkan pergi ke beranda "Dashboard" Google Analytics anda kemudian pilih menu real-time dan lihat ringkasan (overview), Jika situs blog masih sangat baru dan memiliki konten yang sudah terindex oleh google, mungkin belum ada data yang dapat ditampilkan oleh Google Analytics. Teruslah menulis dan periksa data situs anda satu atau dua bulan kedepan.