Eksperimen: Memasang Kode Iklan Konten Yang Sesuai Dari Situs Lain

Halo publisher, apakah kamu pernah berfikir untuk memasang kode iklan adsense dari A ke situs B? Kira kira apa yang akan terjadi jika hal itu dilakukan? Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kepada teman-teman publisher mengenai eksperiment ini, yaitu memasang kode iklan konten yang sesuai (matched content) dari situs A ke situs B. Eeksperimen ini mungkin akan membuat anda tercengang karena dalam sejarah adsense tidak pernah menganjurkan hal ini, kode iklan konten yang sesuai harusnya dipasang pada situs yang didukung saja atau yang tertera di daftar kelayakan iklan yang sesuai (matched content).
Tetapi saya mencoba memberanikan diri untuk mencoba eksperimen ini dan hasilnya sungguh tidak diduga, widget iklan konten yang sesuai tayang di situs saya yang tadinya belum layak menampilkan iklan konten yang sesuai (matched content ads). Dan yang paling mencengangkan, tidak butuh waktu lama google adsense benar-benar menyetujui iklan konten yang sesuai untuk tayang di situs tersebut meskipun situs tersebut tidak update dan memiliki trafik yang relatif rendah.

Jika kamu ingin mencoba eksperimen serupa, sebaiknya baca terlebih dahulu penjelasan saya berikut ini, karena saya tidak menanggung resiko jika nantinya google mengambil tindakan tegas.

Studi Kasus

Baca dengan teliti dan pahami 2 poin dibawah ini yang saya jadikan studi kasus atau acuan keberhasilan dalam eksperimen ini.
  • Kedua situs berada dalam monetisasi akun adsense yang sama (satu akun adsense).
  • Widget konten yang sesuai (matched content) memang sudah tersedia untuk situs A, tetapi belum tersedia untuk situs B.
  • Kedua situs mematuhi semua peraturan yang menjadi kebijakan google adsense.
Kamu mungkin berfikir, hal apa yang mendorong saya melakukan eksperimen atau percobaan ini, saya tidak melakukan eksperimen ini secara buta, ada beberapa hal yang meyakinkan saya untuk melakukannya selain dari 3 poin yang telah saya jelaskan diatas.
  1. Kode iklan adsense selain widget matched content bisa atau boleh dipasang di situs mana saja yang sudah disetujui oleh adsense.
  2. Kode iklan adsense dengan kode iklan display misalnya hanya berbeda pada format ad dan id unit iklan saja.
  3. Google adsense hanya menghukum situs (tidak sampai banned akun adsense) jika pelanggaran yang dilakukan masih dalam kategori pelanggaran tingkat rendah, seperti kesalahan pemasangan kode iklan yang menutupi sebagian halaman.
Kekurangan & Kelebihan

Iklan konten yang sesuai memang bisa tayang di situs B yang belum disetujui, tetapi ada sedikit kekurangan dan kelebihan sebelum situs B benar-benar di acc oleh google adsense untuk menggunakan unit iklan konten yang sesuai, yaitu:
  • Meskipun belum ada persetujuan yang sah, konten yang sesuai yang ditampilkan pada widget matched content merupakan konten yang berasal dari situs masing-masing (tidak tercampur aduk).
  • Anda tidak dapat membedakan pengaturan iklan konten yang sesuai, keduanya berada dalam pengaturan yang sama.
  • Tampilan iklan konten yang sesuai tetap bisa dibedakan atau di edit melalui modifikasi kode iklan, sesuai dengan petunjuk google.
Artikel ini dibuat sesuai apa adanya, dan benar-benar saya lakukan dan akun adsense dan situs saya masih aman sampai sekarang, tidak ada pesan peringatan pelanggaran terkait eksperimen ini, Jika kamu ingin mencoba, maka coba saja tidak ada larangan untuk melakukan eksperimen ini, tetapi ingan konsekuensi atau resiko yang mungkin terjadi ditanggung oleh anda masing-masing.

Jika masih baru bermain adsense, sebaiknya abaikan eksperimen ini, dan baca artikel-artikel adsense saya yang lain, yang membahas tentang eksperimen adsense yang sesuai dengan kebijakan adsense (tidak melanggar pedoman kebijakan adsense).