AdSense: Cara Mengatasi Iklan Responsive Yang Tidak Muncul (Blank)

Halo publisher adsense, kali ini saya akan berbagi trik atau cara mengatasi iklan adsense responsive yang tidak muncul atau blank, mungkin kamu salah satu yang pernah atau sedang mengalami hal ini. Untuk ini mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai penyebab iklan adsense jika responsive tidak muncul padahal status iklan sudah aktif bahkan muncul jika posisi iklan dipindahkan ke tempat lain.

Penyebab Iklan Responsive Tidak Muncul

Script iklan adsense pada dasarnya dikembangkan dengan teknologi cangih dan ditangani oleh pakar-pakar pemograman dengan kemampuan di atas rata-rata.

Jadi jika iklan responsive google adsense tidak muncul atau tidak tampil, itu disebabkan oleh satu hal saja yaitu template website/blog yang kamu gunakan tidak mendukung style responsive adsense (true).

Tapi kamu tentang saja, kamu tidak perlu mengganti template untuk dapat menggunakan iklan responsive adsense karena disini saya akan memberikan solusinya dengan 3 cara yang berbeda sekaligus.

Cara Mengatasi Masalah Iklan Responsive Yang Tidak Muncul (Tidak Tampil).

  • Cara pertama - Edit kode iklan adsense dan hapus kode responsive (data-full-width-responsive="true")dari kode iklan adsense kemudian pasang kembali, Kemudian refresh halaman web untuk melihat apakah iklan responsive bisa tampil dengan cara itu.
  • Cara ke-dua - Gunakan iklan responsive dengan ukuran yang spesifik (memiliki nilai height dan width), kamu dapat melihat cara membuat iklan responsive dengan ukuran yang spesifik pada artikel saya yang sebelumnya. Lihat cara membuat iklan responsive dengan ukuran spesifik.
  • Cara ke-tiga - Buat container baru yang memiliki ukuran spesifik dan sisipkan kode iklan di dalam container tersebut seperti contoh dibawah ini.
[code type="HTML"]<div class="ad_container">

<--kode iklan adsense disini-->

</div>[/code]
Tambahkan juga kode css berikut ini untuk memberikan style responsive pada ad_container dengan ukuran yang spesifik.
[code type="CSS"].ad_container{min-width:400px;max-width:970px;width:100%;height:90px}[/code]
Saya fikir dengan salah satu cara di atas masalah iklan responsive yang tidak muncul (tidak tampil) akan teratasi. Jika masih belum muncul juga silahkan coba kombinasikan cara pertama dan cara ketiga yaitu membuat container baru yang memiliki nilai height dan width kemudian hapus style responsive data-full-width-responsive="true" dari kode iklan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Inline Css Kode Iklan AdSense

Bagaimana publisher? Mudah bukan untuk mengatasi masalah iklan responsive google adsense yang tidak muncul atau tidak tampil. Saya fikir cara ini lebih baik untuk mengatasinya daripada harus mengganti template yang belum tentu tidak memiliki permasalahan serupa.