Cara Mengatasi Sticky Adsense Yang Error

Hallo publisher AdSense, kali ini saya akan memberitahukan cara mengatasi sticky ads error, khususnya ads sticky sidebar. Ketika melihat sticky ads error di website, kamu mungkin berfikir apakah google adsense sudah tidak mengizinkan pemasangan sticky ads sidebar padahal sebenarnya tidak, Error pada sticky ads bukan karena tidak sesuai dengan kebijakan Google AdSense melainkan disebabkan oleh kesalahan pemasangan format size iklan nya saja.
Pada dasarnya iklan lengket atau biasa disebut dengan iklan sticky boleh di pasang di situs web, meskipun demikian tetap ada aturan-aturan yang harus ditaati ketika memasang iklan sticky AdSense, misalnya;
  • Iklan sticky tidak boleh menutupi sebagian besar halaman.
  • Iklan lengket (sticky ada) yang menutupi sebagian halaman harus memiliki tombol close, dll
Jadi poin penting nya error yang terjadi pada iklan sticky bukan karena tidak mematuhi pedoman AdSense, Untuk memahami hal ini lebih jelas, simak baik-baik beberapa poin yang harus diketahui sebelum memasang iklan sticky sidebar.
  • Iklan sticky (ads sticky sidebar) tidak mendukung fitur atau ukuran responsive.
  • Ads sticky sidebar harusnya memiliki nilai tinggi dan lebar yang tetap (fixed).
Contoh :
[code type="JavaScript"]<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- k-web -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
     data-ad-client="ca-pub-520917777222222"
     data-ad-slot="5759888850"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>[/code]
Kesimpulannya jika ads sticky sidebar yang di gunakan tidak memiliki nilai tinggi dan lebar yang tetap (responsive), maka fitur sticky sidebar pada halaman anda akan rusak atau error.

Sebaliknya jika kode iklan yang digunakan memiliki ukuran tetap (fixed) seperti yang telah dijelaskan di atas maka fitur sticky pada halaman anda akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Ukuran iklan sticky sidebar yang di dukung oleh AdSense.

Ukuran iklan adsense sticky sidebar biasanya berupa iklan kotak persegi atau persegi panjang vertikal. Berikut pembagian lengkap ukuran iklan adsense sticky sidebar.

Ukuran iklan adsense sticky sidebar berperforma terbaik.
UkuranDeskripsi
336x280Juga dikenal sebagai "kotak besar". Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan saat iklan teks dan iklan gambar diaktifkan.
300x250Juga dikenal sebagai "kotak sedang". Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan saat iklan teks dan iklan gambar diaktifkan.
160x600Juga dikenal sebagai "pilar lebar". Cenderung memiliki lebih banyak ketersediaan inventaris iklan dari pengiklan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan saat iklan teks dan iklan gambar diaktifkan. Paling baik jika ditempatkan di sepanjang sidebar halaman web.

Ukuran iklan lainnya yang di dukung untuk iklan adsense sticky sidebar.
UkuranDeskripsi
300x600Terkadang disebut sebagai "separuh laman". Format ini memberikan ruang yang lebih besar bagi pengiklan untuk menyampaikan pesan mereka dan dapat menawarkan interaksi pengguna yang lebih besar.

Ukuran 300x600 merupakan salah satu ukuran yang paling cepat berkembang berdasarkan tayangan dan menjadi indikasi tren tempat penayang menawarkan ukuran iklan yang lebih berdampak secara visual, yang menjadi pilihan pengiklan merek.