Nonaktifkan Affiliate links Disqus Untuk Menghindari Spam

Nonaktifkan Affiliate links Disqus Untuk Menghindari Spam - Pada saat membuat akun disqus biasanya fitur affiliate links akan aktif dengan sendirinya, hal itu menyebabkan penulisan url di kolom komentar dan di dalam halaman post akan berubah menjadi link aktif atau berubah menjadi hyperlink. Jika pada halaman post terdapat banyak pengetikan url/link yang non-hyperlink misalnya domain.com maka setelah memasang komentar disqus link tersebut akan berubah menjadi hyperlink (link yang bisa di klik) jika fitur affiliate links disqus tidak di nonaktifkan.

Dan tentu saja itu akan memberikan pengaruh buruk terhadap situs itu sendiri bahkan berpotensi situs di anggap sebagai spam oleh bot jika terlalu banyak link aktif (hyperlink) yang tidak jelas arahnya kemana.

Untuk menonaktifkan semua link aktif tersebut, tidak perlu menghapus komentar disqus dari dalam template blog kamu, karena itu bukan kesalahan plugin disqus comment atau kesalahan pada saat penginstallan widget komentar disqus, melainkan kekeliruan kecil pada saat membuat akun disqus, lalu bagaimana cara menonaktifkan Affiliate links disqus? simak selengkapnya di bawah ini;

Jika widget komentar disqus merupakan hasil installan sendiri, silahkan login ke akun disqus anda dan klik Admin atau langsung saja menuju ke halaman pada langkah berikut jika sebelumnya akun disqus sudah login.
Selesai, sekarang semua link yang aktif setelah memasang widget komentar disqus akan kembali normal (tidak aktif), sedangkan hyperlink yang diseganja tetap akan aktif sebagaimana mestinya. untuk lebih jelasnya lihat contoh gambar di bawah ini untuk menonaktifkan link aktif yang di sebabkan oleh fitur Affiliate links disqus.
Selesai, sampai di situ website anda sudah aman dari potensi spam, hanya tinggal menunggu pemulihan saja karena jika Affiliate links sudah lama aktif di situs anda kemungkinan link-link tersebut sudah di crawl oleh bot atau perayap mesin telusur seperti google.

Apa dampak buruk Affiliate links bagi halaman situs?

Dampak buruk Affiliate links pada halaman situs yang paling nyata adalah link yang sebelumnya hanya url biasa (tidak aktif) berubah menjadi hyperlink yang bisa di klik (link aktif) karena fitur Affiliate links disqus akan memparse DOM (Document Object Model) situs web anda, jika di biarkan dan pada halaman situs terdapat ribuan link aktif yang mengarah keluar tentu saja situs berpotensi dianggap spam.

Selain itu url yang kita ketikkan mungkin tidak memiliki tujuan yang jelas seperti domain.com atau example.com jika "link contoh" seperti itu aktif tentu tidak jelas arahnya menuju kemana, kasus seperti itu akan menyebabkan penurunan rangking halaman di search engine secara drastis, bot akan mengganggap halaman situs tidak akurat karena mengarahkan user ke halaman/url yang tidak memiliki tujuan yang jelas.

Saya fikir sampai di situ saja penjelasan saya tentang cara menonaktifkan Affiliate links disqus, pada dasarnya disqus merupakan plugin yang ramah bahkan memungkinkan anda untuk meraih ke untungan dari plugin tersebut dengan meangtifkan iklan (fitur monetize) kesalahan terjadi karena mungkin kita belum mengetahui seluk beluk serta fungsi fitur-fitur plugin disqus.