Menginisialisasi Facebook SDK Dengan APP ID

Menginisialisasi Facebook SDK Dengan APP ID - Apa yang dimaksud dengan menginisialisasi Facebook SDK dan Facebook App id? yang maksud dengan menginisialisasi facebook SDK adalah memberikan identitas khusus pada plugin (Facebook SDK), Sedangkan Facebook App id adalah kode unik yang dibuat secara otomatis ketika mendaftarkan akun facebook ke akun pengembang, kode facebook app id umumnya digunakan untuk melakukan panggilan ke API (Application Programming Interface) facebook.

Secara khusus fungsi facebook app id itu sendiri adalah untuk memuat dan menginisialisasi SDK (Software Development Kit) yang disediakan oleh facebook seperti tombol suka, bagikan, pemutar video, form komentar facebook dan plugin sosial lainnya di situs web.

Sebagai contoh pada artikel yang lalu saya menjelaskan tentang cara menginstall plugin komentar facebook di template blogger dengan menggunakan SDK Javascript, di versi SDK yang sama, semua situs web menggunakan devkit (SDK Javascript) yang sama juga di plugin komentar facebook yang mereka sematkan di aplikasi situs web mereka, yang membedakannya hanya kode unik yang disebut sebagai facebook app id.

Kode unik inilah yang digunakan setiap web developers untuk mengonfigurasi aplikasi mereka sehingga plugin atau SDKs mereka memiliki identitas sendiri dan dapat di moderasi sepenuhnya.

Dimana Kode Facebook APP ID Saya?

Untuk membuat atau mendapatkan kode unik facebook app id yang harus dilakukan adalah mengonversi akun facebook anda ke akun pengembang dan mendaftarkan aplikasi anda melalui dashboard aplikasi developers.facebook.com, simak cara membuat/mendapatkan kode facebook app_id di bawah ini;
Lihat contoh pada gambar di bawah ini;
Setelah mengklik tombol Buat ID Aplikasi kamu akan diarahkan ke dahsboard aplikasi anda, di bagian "bar" atas akan tertera id aplikasi (Facebook App Id) anda, jika tidak terlihat silahkan klik tab pengaturan dasar untuk mengambil facebook app_id anda, dan jangan lupa sekalian lengkapi data aplikasi anda pada formulir pengaturan dasar.
ID Aplikasi (Facebook App Id)
ID Aplikasi (Facebook App Id)
Setelah id aplikas (facebook app id) berhasil di buat maka kamu sudah bisa menggunakan berbagai jenis plugin facebook seperti tombol suka, bagikan, form komentar dan banyak lagi, silahkan telusuri plugin apa saja yang ingin anda adopsi melalui kotak pencarian di dashboard aplikasi dan semua plugin yang ingin anda buat/gunakan secara otomatis akan dikaitkan dengan id aplikasi anda.

Jadikan ID Aplikasi Facebook Sebagai Entitas Pengelola

Apa yang dimaksud dengan entitas pengelola? Jika situs web menggunakan plugin komentar facebook maka dibutuhkan akun khusus yang ditugaskan untuk untuk memoderasi komentar-komentar yang masuk ke situs web sama seperti author web pada umumnya, hanya saja tugasnya hanya di bagian SDK saja seperti memoderasi komentar dan hal-hal terkait dengan facebook SDK, itulah yang dimksun dengan entitas pengelola.

Dan untuk menambahkan entitas pengelola atau mengaitkan akun pengelola ke facebook SDK    silahkan tambahkan meta tag berikut ini di dalam tag head situs web.
[code type="HTML"]<meta property='fb:app_id' content='{YOUR_APP_ID}'/>
<meta property='fb:admins' content='{YOUR_FACEBOOK_ID}'/>[/code]
Contoh penerapan yang sebenarnya dengan kode/ id aplikasi dan id facebook admin;
[code type="HTML"]<meta property='fb:app_id' content='2352910588322869'/>
<meta content='100002549773049' property='fb:admins'/>[/code]
Saya fikir sampai disini saja penjelasan saya tentang facebook app id dan cara membuat/mendapatkan id aplikasi, selebihnya silahkan pelajari selengkapnya di situs web pusat bantuan facebook saja karena artikel ini saya sajikan adalah sebagai pendukungan tuturial memasang plugin komentar facebook di template blogger yang telah saya publikasikan beberapa waktu yang lalu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali.