Meta Tag Keyword Blogger (Recommend)

Meta Tag Keyword Blogger - Dalam dunia blogger penggunaan meta tag keywords masih menjadi alternatif yang populer untuk optimasi seo. Meskipun sebenarnya pada tahun 2018 meta keywords tidak lagi menjadi prioritas pada algoritma google. Saya sendiri tidak menemukan informasi yang jelas apakah meta keywords benar-benar ditiadakan dari system penelusur google atau tidak, namun perubahan algoritma google yang sekarang digadang-gadang lebih memprioritaskan isi konten yang relevan dengan keyword pengguna.

Meski demikian bukan tidak mungkin meta keywords masih memberi sedikit pengaruh dan masih berfungsi untuk menginformasikan isi halaman dan topik pembahasan suatu laman web. Sejauh ini algoritma google masih menjadi rahasia besar demi menjaga penyalahgunaan yang bisa saja terjadi pada system mereka.

Pentingkah Meta Keywords Dalam Optimasi SEO?

Diluar dari yang telah dijelaskan diatas, meta keywords masih menjadi bagian penting dalam mengoptimalkan keterlihatan konten situs di laman hasil penelusuran (SERPs) karena penelusur bukan hanya google saja, masih ada Yahoo / bing, Yandex, Ask, DuckDuckGo dan masih banyak lagi penelusur selain google yang mungkin saja masih memanfaatkan meta keyword dalam system pencarian mereka.

Bagaimana Cara Memasang Meta Keywords?

Pada tutorial ini saya akan membagi metode penerapan meta keywords menjadi dua bagian yaitu meta keywords otomatis dan meta keywords dengan ejaan (manual). Sedangkan untuk pemasangan tag <meta> keywords tetap diletakkan diantara tag pembukaan <head> dan penutup </head>.

Meta Keywords Otomatis

Memasang meta keywords otomatis dapat ditargetkan ke dua keyword target yang berbeda yaitu dengan menjadikan data title atau data deskripsi artikel sebagai keyword target. Metode penerapan meta keywords otomatis ini sangat sesuai dengan prinsip seo on page jadi sebaiknya jangan lupa untuk menyertakan keyword utama pada judul dan deskripsi artikel jika menggunakan meta keywords otomatis ini.
[code type="Meta"]<meta expr:content='data:blog.pageTitle' name='keywords'/>[/code]
Atau
[code type="Meta"]<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='keywords'/>[/code]
Catatan: Gunakan salah satu meta keywords saja, jika ingin menjadikan judul sebagai keyword maka gunakan meta keywords yang paling atas, jika ingin menargetkan deskripsi sebagai keywords maka gunakan meta keywords yang ke dua (bawah).

Tips: Jika menggunakan meta keywords otomatis (merupakan gabungan antara meta tag dan metadata) di sarankan agar memasukkan keyword utama pada judul dan deskripsi konten/artikel.

Meta Keywords Manual (Ejaan)
[code type="Meta"]<meta content='keyword1, keyword2, keyword3' name='keywords'/>[/code]
Contoh penggunaan meta keywords ejaan (manual) dalam html situs web adalah seperti dibawah ini.
[code type="Meta"]<meta content='optimasi seo, blogger, template' name='keywords'/>[/code]
Tips: Agar meta keyword tersebut selalu relevan dengan konten situs sebaiknya konten / artikel tidak keluar dari 3 keyword target yang ada didalam meta keywords tersebut.

Apakah situs blog KontenWeb masih menggunakan salah satu dari meta keywords diatas? Jawaban-nya "ya" saya masih menggunakan meta keywords otomatis, kamu dapat melihatnya melalui view-source setiap halaman situs ini.

Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai meta keywords blogger dan cara penerapan-nya (meta keywords otomatis dan manual/ ejaan), semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan blogging bagi kita semua.