Meta Tag Hreflang Dan Cara Penerapannya

Meta Tag Hreflang Dan Cara Penerapannya - Tag hreflang merupakan penanda bahasa yang digunakan pada halaman website, Tag hreflang berfungsi untuk memberikan perintah atau akses kepada perayap atau crawler untuk menerjemahkan bahasa utama situs ke bahasa tertentu.

Kamu mungkin pernah mengunjungi situs web yang menggunakan lebih dari satu bahasa dan uniknya konten atau halaman situs dapat ditelusuri dengan kata kunci yang menggunakan bahasa yang berbeda seperti artikel bantuan google misalnya yang dapat ditelusuri dengan bahasa yang berbeda seperti terlihat pada contoh berikut;
Ketika di telusuri dengan kata kunci dalam bahasa inggris misalnya; seo starter guide, konten yang ditampilkan dilaman hasil penelusuran juga menggunakan bahasa inggris (judul dan deskripsi, dll), begitu juga ketika konten ditelusuri dalam bahasa indonesia.

Untuk melakukan itu sebenarnya tidak cukup hanya dengan menambahkan hreflang tags saja, dibutuhkan suntikan teknologi yang dapat menterjemahkan halaman.

Manfaat tag hreflang itu sendiri adalah sebagai optimasi seo, lebih spesifik lagi untuk memberitahukan bahasa yang digunakan halaman situs kepada perayap, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Cara Memasang Tag hreflang

Kode hreflang tags biasanya ditempatkan pada area header html situs "dianta tag <head> dan </head>, secara default pemasangan tag hreflang adalah seperti dibawah ini;
[code type="Tags"]<head>
<link href='http://en-gb.example.com/page.html' hreflang='en-gb' rel='alternate'/>
<link href='http://en-us.example.com/page.html' hreflang='en-us' rel='alternate'/>
<link href='http://en.example.com/page.html' hreflang='en' rel='alternate'/>
<link href='http://de.example.com/page.html' hreflang='de' rel='alternate'/>
<link href='http://www.example.com/' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
</head>[/code]
Penerapan tag hreflang diatas hanya berupa contoh saja, jika kamu pengguna blogger, maka penerapan meta tag hreflang harus dikombinasikan meta-data situs seperti contoh berikut.

Tag Hreflang Blogger

[code type="Tags"]<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-gb' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-us' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='de' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>[/code]
Simpan atau tempatkan hreflang tags tersebut dibawah kode <head> pada html situs web, jika ingin menggunakan lebih banyak tag hreflang silahkan tambahkan baris tag hreflang dengan kode bahasa tujuan berbasis ISO 639-1 pelajari standard kode bahasa berdasarkan lokasi [Buka Tautan]

Pertanyaan seputar tag hreflang

Apa fungsi tag hreflang='x-default' ? Jawab: tag hreflang='x-default' berfungsi untuk memerintahkan mesin penelusur untuk menampilkan bahasa asli (default) website ketika robot crawl tidak menemukan tag hreflang yang cocok untuk target negara tertentu.

Apakah situs berbahasa indonesia harus menggunakan tag hreflang='id-id'? Jawab: Tidak ada penggunaan hreflang='id-id', Tag hreflang untuk situs lokal atau regional sudah diwakili dengan tag hreflang='x-default', kode tag hreflang tersebut bertujuan untuk meminta perayap agar tidak menerjemahkan halaman dan menampilkannya secara default.

Tag hreflang seperti apa yang banyak digunakan oleh situs web "blogger"? Jawab: Belum dilakukan survey secara luas, namun menurut admind tag hreflang yang paling banyak digunakan adalah seperti contoh diatas atau hanya sebaris ini;
[code type="Tags"]<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>[/code]
Situs web yang hanya menggunakan sebaris tag hreflang='x-default' tidak akan diterjemahkan (ditampilkan dan di baca dalam bahasa asli atau default). Namun harus diketahui bahwa tidak semua mesin penelusur support dengan hreflang='x-default', Mesin telusur tertentu seperti Bing contoh-nya tidak mendukung anotasi rel = "alternate" hreflang = "x".

Situs ini hanya menggunakan sebaris tag hreflang='x-default' saja karena menurut salah satu sumber tag tag hreflang pernah mengalami sedikit masalah, sehingga kami memilih untuk tidak menerjemahkan situs dengan memasang sebaris tag hreflang='x-default' saja meskipun sekarang google telah memperbaiki gangguan kecil tersebut.

Demikian penjelasan mengenai "meta tag hreflang dan cara penerapannya", semoga artikel ini dapat membantu dan menambah ilmu bagi kita semua, sampai jumpa kembali.