Cara Submit Sitemap Ke Yandex Webmaster Tool

Cara Submit Sitemap Ke Yandex Webmaster Tools - Pentingkah mengirim peta situs ke yandex webmaster? Tentu saja penting, Yandex merupakan salah satu penelusur yang banyak digunakan selain google, bing dan yahoo.

Lalu lintas penelusuran untuk situs bahasa indonesia dari mesin pencari yandex tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi situs yang berbahasa inggris, tentu saja perlu mengirimkan peta situs "submit sitemap" ke yandex webmaster karena di rusia penelusur yandex tidak kalah populer dengan penelusur google.

Metode atau cara mengirim peta situs "sitemap" ke yandex webmaster sebenarnya sama saja dengan mengirim peta situs ke bing dan yahoo, namun dari sisi pendaftaran ada sedikit perbedaan, berikut saya sajikan panduan lengkap submit sitemap ke yandex webmaster tools, dimulai dari membuat akun yandex.

Panduan Membuat Akun Yandex

  1. Kunjungi link https://passport.yandex.com/registration
  2. Kemudian tekan tombol sing-up
  3. Isi formulir pendaftaran yandex dengan data yang benar
  4. Lihat contoh gambar dibawah ini

Keterangan:
  • Pada bagian pasword tambahkan karakter unik misalnya @ atau !
  • Tambahkan nomor telepon/hp dengan format +628xxxxx
  • Kemudian konfirmasi akun yandex anda dengan kode yang dikirimkan ke nomor telepon.
Jika pada webmaster bing maupun google biasa kita langsung diarahkan ke dashboard webmaster namun berbeda dengan yandex kamu akan diarahkan ke setting profil yandex terlebih dahulu, langkah ini sebenarnya bisa dilewati dan langsung menuju ke dashboard webmaster yandex untuk mengirimkan peta situs "submit sitemap". Berikut langkah-langkah submit sitemap ke yandex webmaster tools.

Mengirimkan Peta Situs ke Yandex

  1. Pastikan akun yandex masih dalam keadaan login (masuk)
  2. Kemudian kunjungi link https://webmaster.yandex.com/sites/add/ dan tambahkan url situs (Add site)
Add site to yandex webmaster tools
Add site to yandex webmaster tools
Kemudian copy kode konfirmasi kepemilikan situs web dan letakkan tepat berada kode <head> di dalam template "html" situs.
[code type="HTML"]<head>
<meta name="yandex-verification" content="a45cb8a8a03582d4" />

<!-- other code -->

</head>
<body>


<!-- other code -->
<body>[/code]
Selanjutnya tekan tombol check pada dashboard yandex webmaster untuk mengkonfirmasi situs web/blog anda.

Setelah situs berhasil dikonfirmasi, klik menu Indexing, letaknya di samping kiri dashboard yandex webmaster, kemudian pilih menu sitemap dan tambahkan sitemap.xml lengkap dengan url situs web/blog seperti contoh dibawah ini;
https://www.kontenweb.com/sitemap.xml
Submit sitemap to yandex webmaster tools
Submit sitemap to yandex webmaster tools
Selesai,

Jika kamu ingin menambahkan sitemap untuk halaman statis seperti laman contact form, about us dan privacy policy maka tambahkan sitemap.xml dengan format seperti berikut ini;
https://www.kontenweb.com/sitemap-pages.xml
Demikian "Cara Submit Sitemap Ke Yandex Webmaster Tools", semoga bermanfaat untuk menambah traffic "Lalu lintas penelusuran" ke situs web anda. Tunggulah beberapa hari hingga perayap yandex sukses meng crawl seluruh laman web hingga akhirnya situs dan konten anda dapat ditemukan di mesin penelusuran yandex.