Cara Mengaitkan Situs Blog Ke Search Console

Cara Mengaitkan Situs Blog Ke Search Console - Apa itu Search Console? "Search Console" atau biasa disebut dengan "webmasters tools" adalah fitur inspeksi url yang dikembangkan oleh google untuk memberikan informasi perayapan atau crawling, indeks, query hingga penayangan terperinci mengenai halaman situs web.

Search Console berfungsi untuk meningkatkan keberadaan situs web di penelusuran google sekaligus menjadi pintasan yang menghubungkan situs web dengan perayap "robot crawl" google. Para pengembang situs web / blog umum-nya memanfaatkan fitur ini (Search Console) untuk melakukan banyak hal di antaranya adalah;
  1. Mengirim sitemap (peta situs)
  2. Memperbaiki Masalah Crawling dan indexing
  3. Meminta pengindeksan cepat (Fetch as Google)
  4. Membuat Penargetan Internasional situs web
  5. Melihat Lalu lintas Penelusuran situs Search Analytics
  6. Membuat Penyorot Data, Kartu Rich dan banyak lagi
Search Console (webmasters tools) sebenarnya mampu merayapi dan mengindeks secara otomatis halaman atau situs-situs baru (blogger). Namun berdasarkan pengalaman prosesnya akan lebih lambat di bandingkan dengan mengirim langsung peta situs ke webmasters.

Mayoritas blogger menggunakan atau menghubungkan situs blog mereka ke search console bahkan hal tersebut (menghubungkan situs blog ke search console) hampir dapat dikatakan wajib jika ingin serius ngeblog.

Langkah-langkah Mengaitkan Situs Ke Search Console (webmasters tools)

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengaitkan atau menghubungkan situs web ke search console adalah mengunjungi/masuk ke laman Search Console menggunakan akun google, selanjutnya klik tambahkan properti dan masukkan ulr situs blog dan klik ok/tambah seperti contoh dibawah ini.
Selanjutnya verifikasi kepemilikan situs dengan menambahkan tag html (kode verifikasi search console) di area "head" atau tepat dibawah kode <head> pada html situs blog.
[code type="Meta Tag"]<head>
<meta content='o15J4U4Ed7RunUbArLwM7Hl34qcwsEzwxhNngY8p4g0' name='google-site-verification'/>

<--other code--->

</head>[/code]
Jika tidak melihat kode verifikasi silahkan klik situs atau properti yang sudah ditambahkan kemudian buka pengaturan "settings" di susdut atas kanan dashboard search console dan pilih Detail verifikasi, seperti terlihat pada contoh berikut ini;
Detail verifikasi
Detail verifikasi
Selanjutnya pilih/klik link "Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda" kemudian pilih metodeode verifikasi menggunakan TAG HTML, Naxt, Copy kode verifikasi dan tempatkan di bawah kode <head> pada template situs blog seperti yang telah dijelaskan pada langkah diatas. Klik tombol Verifikasi untuk mengakhiri proses pengaitan situs blog ke search console (webmasters).
Kode verifikasi search console
Tag html atau kode verifikasi search console (webmasters)

Mengirim Sitemap (Peta Situs)

Setelah situs web / blog berhasil di verifikasi langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengirimkan atau submit sitemap ke search console /webmasters tools.

Sitemap (Peta situs) merupakan file xml yang digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman web kepada search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex menggunakan file ini untuk meng-crawl situs dengan lebih efektif. Proses pengiriman peta situs lebih mudah dari pada memverifikasi situs, berikut tata cara mengirimkan sitemap (peta situs) ke webmasters.

Masih di Search Console, pilih properti (klik situs) yang sudah ditambahkan dan diverifikasi ke search console, kemudian klik menu crawl (perayapan) dan pilih sitemap atau peta situs. Di sudut kanan atas klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs kemudian isi dengan sitemap.xml kemudian klik tombol kirim. Lihat contoh pada dibawah ini.
Mengirimkan Sitemap (Peta Situs) ke Search Console
Mengirimkan Sitemap (Peta Situs) ke Search Console

Membuat Penargetan Internasional

Penargetan Internasional berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja situs di negara tertentu yang menjadi target pemasaran situs web, untuk membuat penargetan internasional simak langkah-langkah nya berikut ini.
  1. Klik menu Lalu lintas penelusuran kemudian pilih Penargetan Internasional
  2. Klik Tab Negara dan Centang checkbox pengguna tujuan, selanjutnya
  3. Pilih/Tentukan negara yang menjadi target pemasaran situs dan klik simpan.
Penargetan Internasional
Penargetan Internasional
Langkah tersebut belum finish, kita perlu menambahkan Tag hreflang kedalam html situs / blog agar Penargetan Internasional berfungsi dengan baik (optimal).

Untuk menambahkan Tag hreflang silahkan masuk ke blogger, kemudian Edit Template dan pilih mode Edit HTML, Selanjutnya tambahkan kode Tag hreflang dibawah ini diantara kode <head> dan </head> atau letakkan tepat dibawah kode <head>.
[code type="HTML"]<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-gb' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en-us' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='en' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='de' rel='alternate'/>
<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>[/code]
Selesai, Pada Search Console atau webmasters Tag hreflang mungkin saja belum terbaca, tunggulah beberapa beberapa hari kemudian hingga robot crawl "googlebot" merayapi situs blog anda dan membaca Tag hreflang yang ada didalamnya.